Sep 28, 2017

KUALIFIKASI PENYULUH KEHUTANAN



Selaras dengan peran yang harus dimainkan oleh seorang penyuluh kehutanan, maka seorang penyuluh kehutanan harus memiliki kualifikasi sebagai berikut :
Kemampuan berkomunikasi, disampaing mampu memilih inovasi,saluran komunikasi yang dipakai, metode penyuluhan yang efisien dan menggunakan alat bantu dan alat peraga yang efektif dan murah, seng penyuluh memiliki kemampuan dan keterampilan untuk berempati (pencairan  diri dengan masyarakat dan berintegrasi dengan masyarakat sasaran penyuluhan.
Memiliki sikap
·          Menghayati dan bangga terhadap profesinya
·          Merasakan bbahwa kehadirannya sebagai penyuluh diperlukan masyarakat
·     Meyakini bahwa inovasi  yang disampaikan sebagai materi penyuluhan, telah teruji kemanfaatannya.
·   Menyukai dan mencintai masyarakat sasaran penyuluhan dalam arti selalu siap memberikan bantuan dalam melakukan perubahan-perubahan usaha tani yang lebih baik.
Memiliki kemampuan pengetahuan dan atau keahlian tentang :
·        Isi,fungsi, manfaat dannilai-nilai yang terkandung dalam materi/inovasi yang disuguhkan.
·        Latar belakang dan keadaan masyarakat sasaran penyuluhan, seperti perilaku
·        Hambatan dan kendala yang ada pada masyarakat untuk menerapkan inovasi baru.
Karakteristik sosial budaya penyuluh, artinya bahwa apabila terdapat perbedaan sosial budaya, agama, adat istiadat penyuluh dengan masyarakat sasarannya, seorang penyuluh harus memiliki kemampuan dan keahliandalam menempatkan dirinya di tengah-tengah masyarakat.
Disamping itu seorang penyuluh harus memilik kepribadian berpenampilan yang menarik, pandai bergaul/mudah bergaul,meyakinkan dan siap memberi bantuan (ringan tangan).
Demikian sharing tentang kualifikasi seorang penyuluh kehutanan. Saya Adhari, mengucapkan semoga tulisan ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung

HALAMAN MANDIRI