Sep 26, 2017

PERAN PENYULUH KEHUTANAN



Dalam penyelenggaraan penyuluhan, tenaga penyuluh memegang peranan yang sangat menentukan keberhasilan. Di tangan seorang penyuluh yang berkualitas, penyelnggaraan penyuluhan dapat berjalan dengan baik dan berhasil.
Peran penyuluh kehutanan, tidak hanya dibatasi dengan kewajiban untuk menyampaiakan inovasi dan mempengaruhi sasaran penyuluhan melalui metode dan teknik-teknik tertentu sampai sasaran  penyuluh itu dengan kesadaran dan kemampuannya menerapkan inovasi yang disampaikan, melainkan harus menjadi jembatan penghubung antara pemerintah dengan masyarakat.
Dalam hal ini, seorang penyuluh kehutanan harus dapat  menyampikan inovasi dan kebijaksanaan-kebijaksanaan  yang harus diterima dan dilaksanakan oleh masyarakat sasaran penyuluhan dan menyampaikan umpan balik atau tanggapan masyarakat kepada pemerintah/lembaga penyuluhan yang bersangkutan. Dengan menempatkan diri pada posisi seperti ini, seorang penyuluh mampu berperan dengan baik dipandang kedua belah pihak. Artinya sebagai seorang aparatur pemerintah dapat mengamankan kebijakan pemerintah atau keinginan lembaga penyuluhan dalam membantu masyarakat memperbaiki mutu hidup dan kesejahterannya, dan sebagai pengayom masyarakat akan memperoleh kepercayaan dan akan diterima oleh masyarakat.
Dalam kaitan peran penyuluh ini, A.G. Kartasapoetra, 1988 manyatakan bahwa untuk melasanakan tugas yang diembannya dengan baik  dan berhasil, seorang penyuluh harus dapat sekaligus sebagai pendidik, pemimpin dan penasehat.
Sebagai pendidik, seorang penyuluh harus dapat memberikan pengetahuan atau cara-cara baru (inovasi) dalam meningkatkan produksi dan sekaligus taraf hidupnya,
Sebagai pemimpin, seorang penyuluhharus dapat membimbing dan memotivasi masyarakat sasaran penyuluhan agar mau mengubah cara berpikir dan cara kerjanya sehingga mau dan mampu menerapkan cara kerja baru yang lebih berdaya guna dan berhasil guna.
Sebagai penasihat, seorang penyuluh harus memiliki keterampilan dan keahlian untuk memilih alternatif perubahan yang paling tepat, yang secara teknis dapat dilaksanakan dan secara ekonomis menguntungkan. Selain itu, seorang penyuluh harus dapat melayani, memberi petunjuk dan contoh dalam bentuk peragaan (mengerjakan sendiri) dalam memecahkan suatu masalah yang sedang dihadapi.
Demikian artikel singkat ini, saya Adhari mengucapkan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung

HALAMAN MANDIRI