Apr 11, 2018

MENGETIK DENGAN SEPULUH JARI


Kemampuan mengetik sepuluh jari dengan komputer seakan kurang mendapat perhatian. Terbukti banyak diantara kita yang sudah bertahun-tahun menggunakan komputer, tapi kemampuan mengetiknya hanya menggunakan kedua telunjuknya saja. Hal ini terkadang membuat kita geli, karena kita belum mampu memaksimalkan potensi yang ada pada diri kita sendiri.
Mengetik dengan sepuluh jari tenyata tidaklah mudah. Perlu ketekunan dalam berlatih. Hal ini saya alami sendiri, ternyata latihan yang tidak disiplin membuat lambat sekali mencapai hasil yang maksimal.
Gambar terkaitBerlatih mengetik dengan sepuluh jari harus juga diiringi dengan berlatih melenturkan jari-jari tangan. Ketidakbiasaan dalam menggunakan sepuluh jari dalam mengetik membuat sebagian besar jari tangan kita menjadi kaku. Mungkin dalam hal ini senam jari merupakan salah satu cara untuk melenturkan kesepuluh jari tersebut.
Mengetik sepuluh jari juga dapat melatih konsentrasi dan koordinasi antara otak sebagai pusat perintah dengan jari tangan sebagai pelaksana dari perintah otak tersebut. Memijit huruf-huruf dalam kiboard harus memiliki akurasi yang tepat, sebab jika tidak, dapat mengakibatkan salah dalam menulis kata sehingga akan patal karena dapat membingungkan si pembaca dalam memahami tulisan kita ini.
Berlatih mengetik dengan sepuluh jari akan membuat pekerjaan mengetik menjadi lebih efisien. Oleh karena itu keterampilan mengetik dengan sepuluh jari akan sangat bermanfaat. Manakala kita mendapatkan suatu pekerjaan yang berkaitan dengan tulis menulis yang harus diselesaikan dalam waktu segera, kita dapat menyelesaikannya sesingkat mungkin.
Nah, untuk membantu berlatih mengetik dengan sepuluh jari, teman-teman dapat mendownload aplikasi yang bernama RapidTyping di Mbah Google. Semoga tulisan ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung

HALAMAN MANDIRI