Jul 13, 2017

TEKNIK PEMBUATAN SEKAT BAKAR DAN ILARAN API



Sekat Bakar
Sekat bakar yaitu sebidang tanah berbentuk jalur yang dibersihkan dan berfungsi memisahkan antara areal yang diperkirakan sebagai sumber datangnya api dengan areal yang harus diamankan dari kebakaran.
Sekat bakar dapat dikelompokan :
Sekat bakar alam ; jalan, sungai, danau, lapangan terbuka, jurang dan lain-lain.
Sekat bakar bautan, dapat dibedakan :
-          Sekat bakar berbentuk jalur hijau
-          Sekat bakar berbentuk jalur kuning.
Ukuran sekat bakar dibuat tidak terlau pendek dan dan tidak terlalu sempit agar berfungsi. Lebar sekat bakar yang baik adalah tiga kali tinggi pohon yang tertinggi di daerah yang bersangkutan. Sedangkan pada kebakaran alang-alang cukup selebar dua meter. Panjang sekat bakar sebaiknya dibuat sepanjang bahan bakar yang ada kemungkinan ikut terbakar.
Pembuatan sekat bakar dilakukan dengan menggunakan hand tool (Cangkul, sekop, golok, parang dan lain-lain), atau buldozer. Agar sekat bakar dapat berfungsi dengan baik, maka setiap menjelang musim kemarau atau musim kebakaran dilakukan pemerikasaan dan diperbaharui. Pembuatan sekat bakar dilakukan pada saat tidak terjadi kebakaran.
Ilaran Api
Adalah jalur bersih yang berfungsi untuk menghambat atau memotong perambatan api sehingga api tidak merambat dan membakar tempat lainnya. Pembuatan ilaran api dikerjakan pada saat terjadi kebakaran.
Adapun lebar ilaran api sangat ditentukan oleh kemampuan regu pemadam kebakaran dalam menggunakan peralatan. Panjang ilaran api sebaiknya sepanjang perimeter areal yang terbakar.
Pembuatan ilaran api dengan menggunakan handtools. Pada perinsipnya daerah yang akan dilalui api,perlu dibuat ilaran api. Prioritas ditempatkan pada intensitas kebakaran yang tinggi.
Jarak antara api utama dengan ilaran api dapat dipertimbangkan, hal ini tegantung pada jenis bahan bakar. Contoh sebagai berikut :
Jenis bahan bakar                                                 jarak api utama ke ilran api
Serasah di bawah tegakan jati                                          10-25 m
Alang-alang                                                                          50-100m
Hutan sekunder                                                                   100-150m
HTI/hutan campuran                                                           ˃150m
Demikian sharing tentang sekat bakar dan ilaran api, saya Adhari mengucapkan semoga tulisan ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung

HALAMAN MANDIRI