Oct 17, 2017

KELANGKAAN TUMBUHAN



Untuk flora (tumbuhan) telah pula diterbitkan Plant Red Data Book oleh IUCN (1978) berisi lembaran atau halaman yang memuat keterangan  meliputi 250 dari 20.000-25.000 spesies tumbuhan berpembuluh (vascular plant) yang terancam punah. Keterangan yang ditemukan dalam buku itu merupakan kenyataan sejarah bukan hanya sebagai pertanda atau dorongan untuk menyelamatkan spesies-spesies tersebut, tapi yang lebih penting adalah memusatkan perhatian kita kepada semakin terancamnya ekosistem (habitat alami) di seluruh bagian dunia dan susutnya keaneragaman jenis tumbuhan alam yang kita miliki.
Pengetahuan kita mengenai tumbuhan alam yang terancam punah masih sedikit sekali. Oleh karena itu perhatian perlu diberikan kepada tumbuhan alam yang terancam punah tempat spesies itu masih dapat diperolah dan bagimana cara penyelamatannya yang paling baik, untuk pendekatan dilakukan terhadap pulau samudra tempat sering ditemukannya endemisme pada jenis-jenis flora, dan kemudian diperluas ke kelompok tumbuhan yang perlu perlakuan istimewa. Misalnya kaktus, pakis pohon, paku  tiang (Alsophila), dan anggrek.
Situasi yang menerima golongan tumbuhan yang tak berpembuluh umumnya sedikit sekali diketahui. Sekalipun begitu, kita harus mampu mencegah apabila jenis-jenis itu kurang mendapat perlindungan.
Adanya kawasan suaka alam berupa cagar alam serta kawasan pelestarian alam berupa taman wisata, taman nasional, serta taman hutan raya, kebun botani, serta penetapan jenis-jenis flora yang dilindungi oleh undang-undang merupakan perwujudan upaya dan ikhtiar untuk menjaga sumberdaya alam hayati dari ancaman bahaya kepunahan.
Demikian sharing tentang kelangkaan tumbuhan, saya Adhari mengucapkan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung

HALAMAN MANDIRI