Oct 30, 2017

C I T E S



Cites, Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora; adalah suatu konvensi internasional yang bertujuan untuk membentuk sistem pengendalian perdagangan satwa dan flora langka dan terancam punah, serta produk-produknya secara internasional.
Tingkat kelangkaan dan keterancaman flora dan fauna ditentukan oleh konferensi CITES. Semua flora dan fauna yang langka dan terancam, dikelompokan dalam tiga tingkatan yang disebut  Appendix I, II dan III. Selain pengelompokan jenis, dalam konvensi tersebut diatur pula tatacara pengawasan perdagangan antara lain Sekretariat, Standing Comite, Otorita Ilmiah, Otorita Pengelola dan badan-badan pendukung lainnya.
Appendix I, merupakan golongan jenis satwa dan flora yang dianggap sangat langka sehingga pemanfaatannya harus benar-benar diawasi secara ketat, yaitu hanya untuk keperluan tertentu seperti konservasi, pendidian dan ilmu pengetahuan, serta bukan semata-mata untuk kepentingan komersial, kecuali jika berasal dari hasil penangkaran. Ekspor dan impor specimen jenis-jenis tersebut harus disetujui terlebih dahulu oleh otoritas pengelola kedua belah pihak.
Appendix II, merupakan golongan jenis satwa dan flora yang dianggap langka tetapi masih dapat dimanfaatkan secara terbatas antara lain dengan penjatahan dan pengawasan. Ekspor specimen jenis-jenis tersebut perlu diliput dengan ijin ekspor yang diterbitkan oleh otorita pengelola negara pengekspor.
Appendix III, merupakan golongan jenis satwa dan flora yang dianggap sangat langka untuk geografi atau negara tertentu, sehingga ekspor spesimen dari negara atau kawasan tersebut harus diperlakukan seperti jenis-jenis yang tergolong dalam appendix I.
Di Indonesia otorita ilmiah yang ditunjuk adalah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), sedangkan otorita pengelola adalah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan cq. Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam. Selain keanggotaan tersebut terdapat pula berbagai organisasi internasional yang menyatakan diri berafiliasi dengan CITES, antara lain International Transportation Association (IATA).
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang CITES, saya Adhari mengucakan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung

HALAMAN MANDIRI