Jun 20, 2017

CIRI-CIRI KOMODITAS WANATANI

Untuk merancang manajemen pemasaran komoditas wanatani maka dapat dijelaskan beberapa ciri komoditas wanatani, sebagai berikut :
1       Komoditas wanatani bersifat musiman, artinya tiap macam komoditas wanatani tidak mungkin tersedi setiap saat tanpa diikuti manajemen stok yang baik.
2       Komoditas wanatani bersifat mudah rusak, artinya tidak dapat disimpan dalam waktu yang relatif lama. Kalau saja diinginkan dalam waktu yang relatif lama, maka diperlukan perlakuan tambahan misalnya pengeringan atau perlakuan pasca panen yang lain.
3       Komoditas wanatani bersifat bulky artinya volumenya besar tetapi nilainya relatif kecil. Akibatnya dalam proses pengelolaannya diperukan tempat yang luas sehingga diperlukan biaya penyimpanan atau perawatan yang lain dalam jumlah yang besar.
4       Komoditas wanatani lebih mudah terserang hama dan penyakit.
5       Komoditas wanatani tidak selalu mudah didistribusikan ke lain tempat.
6       Komoditas wanatani bersifat lokal dan kondisional, artinya tidak setiap Komoditas wanatani dihasilkan dari satu tempat.
7       Komoditas wanatani mempunyai kegunaan yang beragam. Dari wanatani dapat dihasilkan kayu untuk konstruksi, serpihan kayu untuk pulp, ranting untuk kayu bakar dan lerjinan kayu.
8       Komoditas wanatani kdangkala memerlukan keterampilan khusus yang ahlinya sulit disediakan. Misalkan tanaman hias bunga anggrek, memerlukan perawatan khusus agar tanaman hidup sehat dan bunga dapat bertahan lama.
9       Komoditas wanatani dapat dipakai sebagai bahan produksi lain disamping dapat dikonsumsi langsung.
Demikianlah sharing tentang ciri-ciri komoditas wanatani. Saya, Adhari mengucapkan semoga tulisan ini bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung

HALAMAN MANDIRI