Jun 7, 2017

Bantal Mulsa Daun Kering



Bantal mulsa daun kering (bantal MDK) adalah daun-daun kering yang dimasukan ke dalam karung yang dibuat dari jala dan bentuknya seperti bantal.
Kegiatan memelihara tanaman dengan bantal mulsa daun kering sangat mudah. Sebanyak dua buah bantal mulsa daun kering diletakan di bawah poho/tanaman dan dirapatkan sampai tidak ada celah diantara kedua bantal, agar cahaya matahari tidak dapat menembus lantai hutan. Dengan demikian gulma tidak bisa tumbuh. Gulma adalah tumbuhan liar yang memerlukan cahaya untuk pertumbuhannya.
Pemasangan bantal  mulsa daun kering dilakukan setiap 3 – 4 bulan tergantung lamanya bantal mulsa daun kering terdekomposisi. Bantal mulsa daun kering yang lebih tebal misalnya 40 cm akan terdekomposisi lebih lama dibandingkan dengan bantal mulsa daun kering yang tebalnya 20cm. Pada gambar tanaman kayu bawang dan jabon yang telah diberi bantal mulsa daun kering dimana gulma tidak tumbuh.
Bila semua daun dalam bantal mulsa daun kering telah hancur, biasanya 4 – 5 bulan, maka bantal yang terbuat dari nilon tersebut dapat digunakan kembali dengan cara mengisi mulsa daun kering lagi dan selanjutnya diletakan kembali di sekitar tanaman.
Bantal mulsa daun kering (bantal MDK) dapat digunakan untuk memellihara pohon mulai dari selesai penanaman atau tanaman yang masih muda umur kurang dari tiga tahun.
Penggunaan bantal MDK merupakan cara pemeliharaan tanaman yang murah, mudah dan ramah lingkungan.
Demikian sharing tentang bantal mulsa daun kering, saya, Adhari mengucapkan semoga tulisan ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung

HALAMAN MANDIRI