Jan 11, 2018

KERUSAKAN LINGKUNGAN


Kerusakan lingkungan adalah deteriorasi lingkungan dengan hilangnya sumber daya air, udara dan tanah, kerusakan ekosistem dan punahya flora dan fauna (Wikipedia).

Kualitas lingkungan di sekitar kita semakin hari semakin merosot. Kita tentu dapat merasakan bagaimana air bersih sudah mulai susah didapat ketika kemarau tiba. Sedangkan ketika musim hujan, banyak daerah yang mengalami bencana banjir. Begitu pula dengan udara, selain suhunya terus meningkat juga sudah banyak terkena polusi.

Beberapa contoh kerusakan lingkungan dapat dikemukakan seperti di bawah ini :

1       Pencemaran udara

Kita semua tahu bahwa saat ini pertumbuhan industri dan volume kendaraan bermotor semakin meningkat. Industri/pabrik dan kendaraan bermotor ini menghasilkan gas karbonmonoksida, karbondioksida, sulfat dan cianida yang sangat mencamari udara. Pencemaran udaran ini diperparah lagi dengan kebakaran hutan yang sering terjadi di Sumatera dan Kalimantan. Bahkan kebiasaan petani membakar jerami sekalipun ikut menyumbang terjadinya pencemaran udara.

Pencemaran udara dapat mengakibatkan hujan asam dimana derajat keasaman air hujan (pH) kurang dari 5,6. Akibat dari hujan asam ini dapat menyebabkan bangunan mudah keropos, matinya tumbuh-tumbuhan dan rusaknya ekosistem hutan dan danau.

2       Pencemaran air

Pencemaran air  banyak terjadi di daerah kawasan industri dan padat penduduk. Sudah bukan rahasia lagi banyak limbah cair dari industri yang masuk ke sungai-sungai di dekatnya. Limbah cair dari industri tekstil misalnya, banyak mengandung Mercuri dan Timbal yang sangat mencemari air sungai. Selain itu kebiasaan masyarakat yang tinggal di sepanjang bantaran sungai umumnya memiliki kebiasaan membuang limbah rumah tangga seperti sampah dan limbah MCK yang kesemuanya dapat meracuni mahluk hidup yang ada di dalam sungai.

3       Pencemaran tanah

Indikasi terjadinya pencemaran tanah yang paling umum adalah semakin menurunnya tingkat kesuburan. Pencemaran tanah ini diakibatkan oleh pembuangan sampah rumah tangga yang berbahan dasar plastik atau logam yang sulit diuraikan. Ketergantungan petani terhadap penggunaan pupuk kimia yang berlebihan juga menjadi salah satu penyebab terjadinya pencemaran tanah ini.

Itulah sekilas tentang kerusakan lingkungan yang mungkin terjadi di sekitar kita. Mulai saat ini, marilah kita merawat lingkungan ini dengan meminimalisir penyebab dari kerusakan tersebut. Saya Adhari, mengucapkan semoga tulisan ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung

HALAMAN MANDIRI