Dec 18, 2017

PRINSIP UNTUK BAHAN DAN PERALATAN DALAM PERSEMAIAN


Prinsip 1.
Peralatan yang dibeli harus memiliki spesifikasi fungsi yang sesuai dengan kegiatan yang dimaksudkan. Tidak perlu membeli peralatan yang tidak berperan nyata dalam meningkatkan produktivitas kerja .
Prinsip 2
Media tabur yang digunakan hendaknya steril. Media tidak banyak mengandung bahan organik, kecuali untuk benih berukuran halus. Ukuran pertikel media tabur disesuaikan dengan karakteristik benih yang dikecambahkan.
Prinsip 3
Media untuk pembesaran semai harus cukup berpori dan cukup kuat menahan bibit tumbuh tegak dan tidak rusak ketika dipindahkan. Media semai harus mengandung banyak nutrisi berupa mineral-mineral yang dibtuhkan untuk pertumbuhan bibit. Media idealnya harus terbebas dari hama dan penykait, gulma. Media juga harus mengandung jasad renik yang menguntungkan.
Prinsip 4
Sinar  matahari sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan bibit, harus dikelola sebaik  mungkin. Naungan diberikan pada saat bibit memang membutuhkan naungan sesuai dengan umur bibit dan jenis tanaman.
Prinsip 5
Pemilihan wadah semai perlu mempertimbangkan jenis tanaman, ukuran bibit yang diinginkan, dan efektivitas pengangkutan.
Prinsip 6
Pupuk  dan obat-obatan (insetisida, fungisida dan pembasmi rayap) hendaknya selalu tersedia, sehingga siap digunakan pada saat diperlukan.
Prinsip 7
Peningkatan efisiensi penggunaan bahan dan alat diperoleh melalui penyimpanan dan perawatan yang baik.
Demikian sharing tentang prinsip bahan dan peralatan dalam persemaian. Tulisan ini dikutip dari buku Prinsip-Prinsip Cerdas Usaha Pembibitan Tanaman Hutan  yang ditulis oleh Agus Astho Pramono, dkk. Saya, Adhari mengucapkan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung

HALAMAN MANDIRI