Dec 11, 2017

MENGAPA BERWIRAUSAHA DI PEMBIBITAN TANAMAN HUTAN



Kebutuhan kayu baik nasional maupun internasional akan terus meningkat. Secara nasional, produksi kayu belum dapat memenuhi kebutuhan industri. Kapasitas terpasang industri pengolahan kayu secara nasional pada tahun 2013 mancapai 70 juta m³ per tahun, sedangkan realisai penggunaan bahan bakunya hanya mencapai 60,4m³ per tahun (kemeterian kehutanan, 2014) sehingga masih kekurangan bahan baku. Demikian juga pada tingkat internasional, konsumsi kayu pada tahun 2011 yang mencapai 3,4 miliar m³ untuk industri dan energi (FAO, 2014) diperkirakan akan terus meningkat terutama untuk memenuhi kebutuhan industri.
Data di atas mengindikasikan bahwa  kayu semakin dicari, dan prospek budidaya kayu ke depan semakin baik dan sekaligus kebutuhan akan bibit yang berkualitas juga akan semakin tinggi.
Demikian sharing tentang mangapa berwirausaha di pembibitan tanaman hutan. Tulisan ini dikutip dari buku “Prinsip-Prinsip Cerdas Usaha Pembibitan Tanaman Hutan”  yang ditulis oleh Agus Astho Pramono, dkk. Saya, Adhari mengucapkan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung

HALAMAN MANDIRI