Jan 20, 2023

MENGENAL DUKU BUAH SI KUNING LANGSAT


Nama Lokal    :
langsat, duku, kokosan.

Nama Ilmiah   : Lansium domesticum Corr.

Nama Lain      : Langsat (Aceh), langsat, lansat (Batak), lase (Nias), lansat (Menado), langsek (Minangkabau), lasat (Dayak), bijitan, dukuh kokosan, pisitan (Sunda), duku, kokosan langat, langsep (Jawa), langsep (Madura), lese (Bugis), bohulo (Gorontalo), lakaolo (Seram Selatan), lalasat (Buru), lasa (Ternate, Tidore). Langsat (Inggris)

Klasifikasi Ilmiah       :

Kingdom: Plantae;

Divisi: Magnoliophyta;

Kelas: Magnoliopsida;

Ordo: Sapindales

Famili: Meliaceae

Genus: Lansium

Spesies: Lansium domesticum

Pertelaan Singkat     :

Pohon tunggal, tinggi mencapai 20 m dengan diameter hingga 40 cm. Daunnya berselang-seling, bersirip ganjil dengan 5 - 7 anak daun. Helaian daunnya bertangkai berbentuk elips, bulat panjang atau lonjong. Perbungaan terletak pada cabang atau batangnya yang menggantung ke bawah. Buah bentuk bulat sampai lonjong , berbulu pendek atau licin. Kulit buah berwarna kuning muda keabu-abuan, tipis dan bergetah putih seperti susu. Buah biasanya mempunyai biji yang rasanya pahit, masing-masing biji mempunyai dua embrio, terbungkus oleh lapisan yang transparan, berdaging dan melekat erat pada biji. Ada 3 macam duku yaitu duku, pisitan dan kokosan. Duku merupakan buah yang paling enak, bentuknya bulat lonjong, kulit buahnya tidak bergetah bila masak, kulitnya agak tebal dibandingkan kedua macam yang lain. Pisitan buahnya kecil, bentuknya memanjang, dengan getah sedikit pada kulit buahnya, bijinya besar dan daging buahnya tipis, buahnya asam dan sulit untuk dikupas. Kokosan mempunyai buah yang besar, bentuk lonjong, rasanya enak, kulitnya bergetah putih, daging buahnya tebal, mengandung air dan keasam-asaman.

Habitat dan Penyebaran :

Tanaman langsat dapat tumbuh baik di dataran rendah sampai pada ketinggian 500 mdpl. Dengan tipe iklim basah sampai agak basah dengan curah hujan antara 1.500 - 2.500 mm pertahun dan merata sepanjang tahun. PH tanah yang cocok adalah 6 - 7, tanaman Duku relatif lebih toleran terhadap keadaan tanah masam.

Tumbuhan ini diduga berasal dari Sebelah barat Asia Tenggara, dari Semenanjung di Thailand sebelah barat hingga Kalimantan di bagian timur. Namun langsat sudah ditanam di Vietnam, Burma, India, Sri Lanka, Hawai, Australia, Suriname dan Puerto Rico.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung

HALAMAN MANDIRI