Oct 23, 2019

KEGIATAN PENINGKATAN KAPASITAS KELOMPOK TANI HUTAN

Kelompok Tani Hutan sebagai stakeholder, sangat berperan penting dalam pembangunan kehutanan. Berawal dari pemikiran itu, KTH perlu terus dibina dan ditingkatkan kapasitasnya. Maka, Cabang Dinas Kehutanan/CDK Wilayah VIII berupaya menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas kelompok tani hutan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Desa Caracas Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan dengan jumlah peserta sebanyak 36 orang. Kegiatan ini dibuka langsung oleh kepala CDK Wil.VIII Ahmad Subagja, S.Hut. 
Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa KTH merupakan tumpuan bagi tercapainya tujuan pembangunan kehutanan. Jumlah KTH di CDK Wil.VIII berjumlah 700 lebih, dan sebagaian besar kelasnya masih pemula. Dari pemikiran itu, ada keinginan untuk meningkatkan kapasitasnya menjadi madya bahkan utama. "Kelompok tani di desa pinginnya itu cukup satu, cuma jenis usahanya yang banyak. Karena saya yakin, walaupun jumlah kelompoknya banyak, pasti orangnya itu itu juga" lanjutnya.
Kelompok tani diharapkan menjadi pelopor di desa untuk bergerak mandiri, tidak bergantung pada bantuan pemerintah. Bantuan pemerintah hanya merupakan stimulan. Jadikanlah itu sebagai modal awal. 

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung

HALAMAN MANDIRI