Oct 4, 2019

7 PRINSIP KUNCI DALAM KONSERVASI TANAH DAN AIR

  1. Penurunan produktivitas tanah lebih penting daripada erosi itu sendiri. Karena konservasi tanah layaknya merupakan bagian dari strategi umum pembangunan pertanian dalam arti luas yang terfokus pada teknik produksi yang lebih baik. 
  2. Erosi adalah konsekuensi dari cara penggunaan lahan, bukan penyebab kerusakan tanah. Kerusakan tanah hendaknya dihindari sebelum terjadi, hal ini lebih baik ketimbang memperbaiki lahan yang sudah terlanjur rusak.
  3. Sebuah program konservasi tanah dan air hendaknya diawali dengan pendekatan dari bawah bottom up yang didasarkan pada pengetahuan yang rinci mengenai kebun/ladang serta rumahtangga petaninya.
  4. Dalam sistem pertanian lahan kering, menurunnya hasil panen lebih banyak disebabkan oleh kekurangan atau kelebihan air dari pada disebabkan oleh erosi. karena itu pengelolaan air hujan perlu mendapat perhatian, khususnya konservasi air. Konsekuensinya proses agronomis seperti pengeolahan tanah, pemberian mulsa secara optimal lebih berarti daripada pencegahan erosi secara mekanis.
  5. Upaya konservasi tanah dan air akan lebih berhasil bila dilaksanakan melalui program jangka panjang.
  6. Rumahtangga petani dan lingkungannya hendaknya dijadikan prioritas dalam setiap program konservasi tanah dan air.
  7. Petani perlu diyakinkan akan keuntungan jangka pendek yang akan diperolehnya dari perubahan prilaku terhadap lahannya.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung

HALAMAN MANDIRI