Apr 26, 2017

APA ITU EKOWISATA ?

           Ekowisata lebih popular dan banyak dipergunakan disbanding dengan terjemahan yang seharusnya dari istilah ecotourism, yaitu ekoturisme. Terjemahan yang seharusnya dari ecotourism adalah wisata ekologi. Yayasan Alam Mitra Indonesia (1995), membuat terjemahan ecotourism dengan ekoturisme. Di dalam tulisan ini dipergunakan istilah ekowisata yang banyak digunakan oleh para rimbawan.

Pengertian tentang ekowisata mengalami banyak perkembangan dari waktu-ke waktu. Namun, pada hakekatnya pengertian ekowisata adalah suatu bentuk wisata yang bertanggungjawab terhadap kelestarian area yang masih alami (natural area), memberi manfaat secara ekonomi dan mempertahankan keutuhan budaya bagi masyarakat setempat. Atas dasar pengertian ini, bentuk ekowisata pada dasarnya merupakan bentuk gerakan konservasi yang dilakukan oleh dunia. Eco-tourism ini pada hakekatnya adalah konservasionis.

Definisi ekowisata pertama kali diperkenalkan oleh organisasi The eco-tourism Society (1990) sebagai berikut : Ekowisata adalah suatu bentuk perjalanan wisata ke area alami yang dilakukan dengan tujuan mengkonservasi lingkungan dan melestarikan kehidupan dan kesejahteraan penduduk setempat. Dalam perkembangannya ekowisata kemudian didefinisikan sebagai bentuk baru dari perjalanan bertanggungjawab ke area alami dan berpetualang yang dapat menciptakan industri pariwisata (Eplerwood, 1999). Australian Departement of tourism (Black, 1999) mendefinisikan ekowisata sebagai wisata berbasis pada alam dengan mengikutkan aspek pendidikan dan interpretasiterhadap lingkungan alami dan budaya masyarakat dengan pengelolaan kelestarian ekologis.
demikian share tentang ekowisata, saya ADHARI mengucapkan semoga tulisan ini bermanfaat.














No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung

HALAMAN MANDIRI