Jul 5, 2018

FAKTOR PENYEBAB KEBAKARAN HUTAN

Kebakaran hutan dan lahan adalah suatu keadaan dimana hutan dan lahan dilanda api baik yang disebabkan oleh manusia maupun faktor alam sehingga mengakibatkan kerusakan hutan dan lahan atau hasil hutan dan hasil pertanian yang menimbulkan kerugian ekonomi dan atau nilai lingkungan serta merupakan salah satu penyebab deforestasi dan degradasi hutan.
Nah, apa saja yang menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan ?, mari kita ikuti ulasan singkat di bawah ini :
1.     Kebakaran karena faktor alam
Kebakaran karena faktor alam sangat kecil kemungkinannya, karena 90-95% kebakaran disebabkan karena kelalaian dan kecerobohan manusia. Kebakaran karena faktor alam dapat terjadi jika ada sumber panas/api sebagai penyulut, bahan bakar yang tersedia dan adanya oksigen dalam waktu yang bersamaan, seperti pada gambar segitiga api.
Walaupun kecil kemungkinan, akan tetapi api dapat ditimbulkan oleh sumber panas berupa batu dan gesekan benda-benda alam yang dapat menyimpan dan mengantarkan panas. Dipicu suhu yang panas karena kemarau panjang, periode hujan yang pendek, kelembaban permukaan hutan menurun, daun yang berguguran,
2.   Kebakaran hutan karena faktor manusia
   Pembukaan lahan dengan membakar dapat dilakukan oleh perorangan, kelompok, ataupun perusahaan, karena pilihan pembersihan lahan usaha dengan biaya murah dan praktis, baik pada usaha kebun/ladang masyarakat, usaha perkebunan HGU, transmigrasi,  kesenjangan untuk menduduki kawasan hutan dan mendapatkan hak tanpa ijin, ataupun kesenjangan lainnya.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung

HALAMAN MANDIRI