Mar 16, 2018

KOMPOS DAN LINGKUNGAN HIDUP

Sampah selama ini menjadi sumber masalah. Banjir yang menggenangi pemukiman di beberapa daerah diakibatkan oleh tersumbatnya saluran oleh sampah. Bau yang menyengat dari sampah yang sudah menimbun berpotensi menjadi sarang penyakit yang bisa menjangkiti siapa saja yang berada di sekitarnya. Alhasil selama ini sampah merupakan salah satu sumber masalah lingkungan.
Apa sih sebenarnya sampah itu ?. Sampah merupakan limbah padat yang dianggap tidak berguna dan harus dibuang agar tidak mencemari lingkungan dan membahayakan kesehatan. Sehingga masalah sampah harus ditangulangi.
Salah satu upaya penanggulangan masalah sampah adalah mengolahnya menjadi kompos. Namun sebelum diolah menjadi kompos sebaiknya sampah tersebut dipilah terlebih dahulu, yaitu :
Ø  Sampah yang dapat langsung dipasarkan seperti karton, kertas, besi, kaleng dan botol.
Ø Sampah organik, seperti sisa sayuran, cangkang buah, dedaunan, sisa makanan,maupun rerumputan.
Ø  Sampah berbahaya dan beracun seperti sampah rumahsakit, bahan kimia, pecahan botol maupun baterai bekas.
Dengan cara memilah jenis sampah seperti ini maka kita telah berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan sekaligus memperoleh penghasilan tambahan. Sedangkan sampah yang kita olah menjadi kompos tentunya sampah organik. Setelah menjadi kompos maka dapat dimanfaatkan untuk mengembalikan kesuburan tanah pertanian. Dengan demikian pertanian kita hasilnya akan “Mucekil” kata orang sunda mah.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung

HALAMAN MANDIRI