Feb 14, 2018

MENANGANI SAMPAH DI RUMAH KITA



Sampah adalah keseharian kita semua. Tak satu tempat pun yang kita lalui tanpa sampah. Dari mulai pasar, terminal, jalanan hingga sungai selalu dipenuhi dengan sampah. Sehingga dapat kita bayangkan jika sampah tidak mendapat penanganan yang serius, pasti kita sudah hidup di atas tumpukan sampah.
Di dalam benak kita, pasti kita membayangkan bahwa sampah itu merupakan sesuatu yang kotor dan menjijikan, berbau tidak sedap, dan merupakan sumber dari berbagai macam penyakit. 

Secara garis besar sampah digolongkan ke dalam dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang bersuber dari tumbuhan seperti sisa sayuran atau cangkang dari buah-buahan. Sampah jenis ini bisa kita olah sendiri sebagai bahan kompos, untuk kemudian kita kembalikan ke dalam tanah sebagai pupuk bagi tanaman. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah pabrikan, biasanya terbuat dari plastik atau logam yang tidak terpakai lagi. Sampah jenis inilah yang dicari para pemulung untuk kemudian mereka jual ke pengepul yang nantinya akan didaur ulang.

Dalam hal penanganan sampah, pernahkan kita sesaat meluangkan waktu untuk memikirkan mereka yang setiap hari bergumul dengan sampah. Mereka itu diantaranya adalah para pemulung, yang setiap hari memungut sampah dari rumah ke rumah. Dan, pernahkah kita berpikir bahwa mereka itulah yang membantu kita dalam menangani salah satu masalah keseharian kita,  hingga kita terbebas dari timbunan sampah.

Sesuatu yang sangat sederhana, yang bisa menciptakan  hubungan yang saling menguntungkan antara kita dengan para pemulung yaitu dengan cara memilah sampah organik dengan sampah anorganik. Kita sediakan dua bak sampah di halaman rumah kita, yang satu digunakan untuk menampung sampah organik dan bak yang satunya lagi untuk menampung sampah anorganik. Dengan demikian para pemulung sudah sangat terbantu mempercepat pekerjaanya karena mereka tidak perlu berlama-lama memilah sampah yang mereka pungut.

Nah, dengan hal yang sangat sederhana ternyata kita sudah mampu menciptakan hubungan yang saling menguntungkan antara kita dengan para pemulung. Jangan salah, para pemulung adalah penyelamat di bidang lingkungan lho...!

Demikian sharing tentang sampah, saya Adhari, mengucapkan semoga tulisan ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung

HALAMAN MANDIRI