Apr 12, 2020

AGROFORESTRY PENGHASIL TUMBUHAN PENANGKAL CORONA


Salah satu jenis tanaman yang banyak dikembangkan sebagai tanaman bawah pada kegiatan Agroforestry adalah jenis tumbuhan rimpang.  Ada banyak jenis tumbuhan rimpang yang sering kita temui di sekitar kita diantaranya kunyit, temulawak, lengkuas dan lain-lain. Tumbuhan tersebut tidak memerlukan penyinaran penuh sehingga dapat tumbuh dengan baik di bawah tegakan hutan. Karena penanamannya dilakukan di areal hutan, maka tanaman ini dikenal juga sebagai tanaman hasil hutan bukan kayu (HHBK).
Selain sebagai perasa dalam makanan, tumbuhan tersebut juga dikenal sebagai tumbuhan herbal yang berhasiat untuk mengobati jenis penyakit tertentu dan untuk mengembalikan atau menjaga kebugaran tubuh. Masyarakat jawa sudah secara turun-temurun menggunakan rimpang dari tumbuhan ini sebagai jamu
Terakit dengan kondisi saat ini, dimana wabah virus corona sedang merajalela hampir di setiap negara di dunia, kita dianjurkan untuk menjaga imunitas tubuh kita.
Nah, salah satu jenis tumbuhan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah kunyit. Bisa dicampur temulawak dan rumput meniran. Ini mengandung imunomodulator atau senyawa yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Karena obat tanaman herbal itu imunnya cukup tinggi, sehingga menambah daya tahan tubuh. Cukup dicuci bersih tidak perlu dikupas, karena kandungan protein curculin paling banyak terdapat di bawah kulit ari dan itu harus dipertahankan.
Kita tidak perlu panik dalam menghadapi wabah virus corona. Upaya yang dapat dilakukan adalah menjaga pola hidup sehat dan pola makan, namun tidak harus mahal. Cukup mencegah dengan ramuan di sekitar kita. “Takaran 125 gram kunyit segar diblander, diseduh tiga gelas air dan diminum tiga kali sehari,Insya Alloh dapat menangkal virus corona,” ungkap Aisyah Titisukarti, 44. Pemilik sentra tanaman herbal di Padukuhan Kedungdowo Wetan, Pampang, Paliyan, Gunungkidul (Radar Jogja.3/3).

Kita, para rimbawan patut berbangga karena salah satu jenis hasil hutan bukan kayu tersebut diatas, sudah bisa memberikan kontribusi dalam menangkal penyebaran virus corona.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung

HALAMAN MANDIRI